Kamis, 20 Oktober 2011

Cara Merawat Kukang

Kukang merupakan hewan yang terancam punah, kita tidak disarankan untuk membeli atau menjual kukang , namun apabila ada yang sudah mempunyai kukang ini ada sedikit tips untuk merawat kukang :


1. Kukang merupakan hewan nocturnal (aktif di malam hari) maka dari itu biarkan mereka tidur di siang hari dan jangan mengajak nya bermain. ajaklah mereka bermain pada malam hari saat mereka sudah bangun dari tidurnya.


2. Kukang menyukai hal - hal yang manis seperti madu,susu,teh manis, air putih yang dicampur gula, dia tidak begitu suka meminum air putih yang tidak di campur oleh gula.


3. Makanan kukang adalah buah - buahan (pisang, pepaya, apel, kurma bahkan es krim pun mereka suka) mereka juga suka serangga seperti ulet hongkong dan jangkrik.


4. Jangan lupa memandikan mereka apabila mereka sudah terlihat kotor, gunakan lah sampo yang tidak pedih di mata karena mata kukang sangat sensitif.


5. Kebersihan kandang harus terjamin, karena kandang yang kotor dapat menimbulkan penyakit terhadap kukang.


6. Kandang kukang harus diberi kayu/ batang karena dia sangat suka memanjat.


7. Waspada terhadap semut, semut akan datang karena minuman yang manis dan apabila semut tidak dibersihkan akan membuat takut kukang dan juga membuat nya strees.


64 komentar:

  1. bagus banget informasinya :)
    oh ya saya kan ingin lebih kenal mengenal kukang, apakah bulu kukang berbahaya ga sih pada manusia?
    tolong dijawab ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga bahaya kok..!! tapi tiap abis mainan kukang, jgn lupa cuci tangan! tar kalo abis mainan kukang trus makan.... tar bulunya nempel2...! gw aja pernah kemasukan bulu kukang pas minum.... tapi gapapa, ga mati kok.. hehehehe

      Hapus
  2. I love Kukang :D
    D rumah udah d anggep Ade Bayi baru nih. hahaha.
    mo nanya dong, kapan kita memandikan kukang n cara memandikannya gimana ya? kayaknya g suka d Hairdryer deh tuh bocah. trus dia nyoba gigit2 gw mulu tiap gw hairdryer ke 'Itu'nya (abs kencing)
    gw ngeri ntar kalo dia udah gede, gigitannya makin sakit. ada cara penanganannya gak? thx yaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya kukang emang lucu, kukang ane aja manja bener sama ane sampai kalau dipanggil dia langsung jalan naik ke badan ,, kalau saya memandikan nya kalau kliatan udah kotor aja badan nya trus kukang ane kan nakal minuman nya ditumpahin molo, jadi lengket klo kena badan baru dah ane mandiin..
      klo masalah hairdryer kukang ane pertama2 juga ngibrit karena denger suaranya tapi lama2 dia paham kok, asal jgn di stay hairdryer nya tp di goyang2 supaya tidak terlalu panas ke badan nya..
      Love kukang too :D

      Hapus
  3. @suci dan sickdogg benar apa yang dikatakan agan sickdogg, tidak berbahaya kok yang penting setiap kita abis bermain sama kukang kita harus rajin - rajin cuci tangan pake sabun ,tapi setau saya bulu kukang itu tidak rontok , klo misal rontok coba diperhatikan lagi bagian mana dari badan nya yang rontok, siapa tau terdapat luka sehingga bulu nya rontok..

    BalasHapus
  4. Kalo kukangna gmw mkn n stres gmn ngatasinnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dilihat dulu apakah gigi kukang nya ada atau sudah dicabut? klo sudah dicabut anda harus memberikan perhatian ekstra misal menghaluskan makanan nya dan menyuapi dengan sendok, secara pelan2 sambil dielus2 dan dikasih kasih sayang aja, ajak bermain disaat malam, dan biarkan dia tidur di siang hari karena kukang hewan nocturnal

      Hapus
    2. Bang kencing nya kukang itu bahaya nggak sihh

      Hapus
  5. Kira² porsi makanan kukang itu seberapa ya ?

    BalasHapus
  6. terimakasih informasinya buat semuanya,ni gw bru aja memelihara kukang, tp msh bngung ngerawatnya

    BalasHapus
  7. misi,tolong di jawab.
    ane baru dapet kukang kecil,untuk seukuran kukang bisa dibilang ini masih balita,soalnya masih mungil,masih kecil.
    dia masih belum mau makan(saya udah coba kasih makan pisang dan minum susu)
    tolong dong infonya untuk perawatan kukang yg masih balita ini.

    BalasHapus
  8. salam kenal...

    saya mau tanya, saya punya kukang betina.
    tapi akhir-akhir ini kotorannya cacingan, saya minta sarannya. gmn cara menanggulanginya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kotoran nya cair juga ga gan? klo cair lebih baik dibawa ke dokter hewan, trus pastikan dlo sebelum ke dokter hewan, itu dokter bener2 bisa ngobatin kukang nya, soalnya pernah ane bawa ke dokter hewan tuh dokter ga ngerti sama kukang, buru2 deh ane keluar dari dokter hewan :D hehe

      Hapus
    2. hewan yang dateng ke klinik itu biasanya hewan kesayangan semacam anjing kucing, dll. karena kukang ini satwa liar, mungkin dokter hewan itu belum pernah ngobatin kukang. spesialisasi dokter hewan juga beda-beda soalnya.. kalo setau saya hewan yg dipelihara sebaiknya dikasih obat cacing rutin 3 bulan sekali. dalam kasus ini kukang ya, jadi harus lebih hati-hati. karena kukang adalah primata jadi penyakit-penyakit dia bisa gampang nular ke manusia. kalo udah terlanjur melihara dirawat baik-baik aja, biar dia tetep sehat dan ga bawa penyakit buat kitanya juga..

      Hapus
    3. wah info yang bagus gan :D makasih banyak gan info nya berguna banget buat kita yang pecinta hewan hehe

      Hapus
  9. gue baru memelihara kukang, masih bingung gue harus ngapain... tolong donk saran nya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti biasa memelihara hewan lain kok, kasih makan dan minum secara teratur, ajak bermain si waktu malam, dan terutama kasih sayang dan perhatian buat hewan peliharaan

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  11. Broo telapak tangan kukang ane lecet berdarah gitu, gimana ya cara penanganan nya ?

    BalasHapus
  12. wew background blognya mirip sama kukang milik ane gan
    masih imut ni masih umur 3/4blnan DOB tak diketahui
    thanks ni info buat cara perawatannya

    BalasHapus
  13. gan kalo kukang ane ada ingus nya gitu di apain ya?

    BalasHapus
  14. mandikan nya jam brpa gan?
    maaf ane bru punya kukang nh ...
    mohon bimbingan ny newbie..

    BalasHapus
  15. Permisi sahabat Numpang nanya bolehyah :) heehe

    Kukang Saya ada 6, saya campur dalam satu kandang berukuran
    P=3M ,L=1M T=2M Saya kesusahan untuk pengambilan kuskusnya dari kandang jika saya mau memandikanya, dikarenakan genggaman Tangan dan kakinya sangat kuat,

    Ini gimana cara mengambilnya dari Kandang dengan keadaan tangan menggenggam semua ke Ranting yang didalam kandang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh kok gan :)

      kalau dari pengalaman saya, saya mengambil dengan menggunakan ranting, kemudian ranting itu saya dekatkan ke kukang nya sambil dipanggil2 aja namanya biar dia makin kenal, nah setelah dia megang ranting yang agan pegang langsung deh dibawa keluar kandang secara pelan2.. gtu aja gan cara ngambil kukang dari pengalaman ane..

      wah kukang nya banyak juga gan, hayoo usahain di kembang biakin ya :D

      Hapus
  16. saya baru beli kukang yang saya temuin di pinggir jalan tadi sore.. kasian dia basah karena hujan,, jadi terpaksa saya beli.. dia masih agak liar dan suka menggigit.. belum pernah digigit memang tapi takut aja kalau sampai2 tergigit.. kira2 berapa lama ya saya bisa menjinakin kukang yang saya punya..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, beli dimana gan? pasar jatinegara ya?

      ngerawat hewan emang butuh kesabaran gan, yang penting kasih dia kasih sayang aja sama makan dan minum yang teratur sampe dia ngrasa nyaman sama agan.. pasti nanti dia bales deh rasa kasih sayang agan..

      intinya sabar ya gan dan kasih rasa sayang ke peliharaan agan :D

      Hapus
    2. Mo beli di citayem ada 150 gan

      Hapus
    3. citayemnya dimana gan ?

      Hapus
  17. hello mohon pencerahannya maklum masih newbie :D saya baru beli kukang sumatera masih kecil banget, tapi nafsu makannya sedikit banget pas diliat ternyata giginya udah di cabut :( gimana cara ngasih makannya? terus kalau dikasih makan/minum porsinya segimana? makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hello, wah kenapa ga diperiksa dolo gan gigi nya, karena udah ompong mau tidak mau agan kasih perhatian ekstra, kasih makanan cth nya buah2 di alusin sampe halus kemudian disuapin ke kukang agan

      awalnya kukang akan susah makan karena luka di mulut yg menyebabkan dia kesakitan, tapi usahakan tetap dikasih makan makanan yg halus ya kemudian di suapin ke kukang nya
      semangat gan !! :D

      Hapus
  18. gan ane juga baru beli kukang d pinggir jalan, alesan beli, tertarik aja ma muka inocent nya.. ternyata karena saya beli yg uda gede dia susah untuk akrab ma saya. awalnya emg nempel bgt sama saya, masuk ke jaket saya tidur dia, tapi setelah saya bergerak dengan dia masih di dalem jaket, ditambah lagi dibawa pulang pake motor, dia mulai ga mau deket2 saya lg, n klo dipegang maunya nyari pohon mulu.. sudah beberapa kali pindah2 kandang, pertama dalam kardus, karena kayaknya kekecilan saya ganti pake kandang burung kawat besi, saran temen jgn kandang begitu, kawatnya tajem, akhirnya saya keluarin, sekarang saya taruh d halaman belakang rumah yg memang di pager kayak kandang gede, tapi jadi susah untuk saya ngasih makannya. ada saran ga gan?? kan iarpun g saya maen2in atau pegang2 tetep harus saya kasih makan biar g mati, tapi kalo tempatnya dia susah saya jangkau dan bahkan susah saya lihat dia lg bangun atau tidur gmana saya mo kasih makan?? n dia siang ataupun malem klo saya liat tidur mulu, cuma kalo pagi tempatnya suka udah beda, alias jalan2 cuma ga ketahuan kapannya.. ada saran g gan?? atau g saya jual aja ke yg mungkin lbh bisa ngerawatnya n merhatiinnya, karna kasian jg klo stres gara2 saya g ngerti ngerawatnya. tar mati lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. pandita198@blogspot.com
      di stu ada semua bahasan kukang bang...

      Hapus
  19. Gan ane mau nanya nih, ane baru aja beli kukang tapi ane gak tau cara mandiin nya gan hahaha..trus klo di mandiin sebaiknya pake sampo yg tdk pedih di mata, contoh sampo nya apa gan ..??? thx..

    BalasHapus
    Balasan
    1. gua tadi nanya sama abangnya
      katanya make sampo apa'an aja

      Hapus
  20. mau nnya ni,, saya baru bli kukang di tepi jalan ,, tapi gigi nya sudah di cabut ,, dan dia pendiam banget tapi dikasih makan dia nya mau cuma dia pndiam ,,, ada solui gak gan ?? tlong ya jawab ,, saya baru beli kukang nya tadi sore jd nwbi ni :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk masalah gigi itu itu buat keamanan bagi si majikan bang,,biasanya si kukang klo baru kaya gtu suka gigit tapi ga sakit ko dan tunggu 3blan juga udah mulai tumbuh lagi ko giginya...
      kalo untuk masalah makan coba bang fadli beli pisan dan ketika mau ngasih dia makan potonglah dahulu pisang tersebut seperti roda,,kenapa?? agar si kukang dapat memakanya bang...untuk lebih lengkap baca di pandita198.blogspot.com distu udah di bahas ko..thnks

      Hapus
  21. Bang minta sarannya, kasih makan kukang jam berapa aja ?berapa kali sehari makasih :)

    BalasHapus
  22. gan ane mau nnya
    cara mengawinkan kukang itu gmna y??
    tolong di bantu y gan :D

    BalasHapus
  23. gan setelah ane baca2 coment2 diatas,ane msh bingung ni kbeneran tdi mlm boleh dpt kukang ni kayanya udh dewasa sih,cm itu dia gan ada banyak luka2 di beberapa bagian,di jari, pinggang dan dket bokong..ane mau coba mandiin cm msh galak cb pgang ja dia mau gi2t..ane kasian liat kondisinya ada cara gak...plis tolong beri solusi....TY

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih baik kukang abang sering di ajak main gitu kalo malem, agar lebih akab...

      kalo udah akrab baru abang merawat dy, untuk kesembuhannya ...

      semoga berguna yaaa""

      Hapus
  24. boy...
    ane mau nannya nie gmna ya cara ngatasin bulu kukang yang rontok?
    soal'a kukang ane garu garuk terus sampe botak gitu punggungnya...

    plizzz bales !!!!
    "penting"

    BalasHapus
  25. gan deket rumah saya ada yg jual kukang albino, bulunya warna kuning,
    setau saya kukang itu warnanya hitam ke coklatan,
    jadi itu bulunya sepuan apa bulu asli..
    please minta comentnya yaa

    BalasHapus
  26. gan saya mau nanya sampo yang tidak pedih dimata
    sampo apa yaa
    kukang saya udah kotor terus bulunya rontok
    tolong jawab yaa gan

    BalasHapus
  27. kukang itu bahaya gak sih? :O

    BalasHapus
  28. BARANG ATAU SESUATU APA YANG PALING DITAKUTI KUKANG GAN??

    BalasHapus
  29. mantap gans, numpang copas yah :)

    BalasHapus
  30. mohon tolong kasih info ya.. kalo mandiin kukang itu dia nggigit gak sih? nanti takutnya pas mandiin di nggigit gitu. trus gigitan nya bahaya gak buat kita?
    thanks.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Periksa dulu mbak giginya kalau nggak ada di gigit nggak terasa kalau ada giginya lebih baik pakai kain atau sarung tangan niar ngga di gigit

      Hapus
  31. Permisi agan agan semua kencing nya kukang itu bahaya nggak atau bisa menimbulkan sakit kulit nggak tolong infonya ya agan agan

    BalasHapus
  32. bro cara menjinakkan kukang baru beli bagaimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus sering2 diajak main bos,,,sama makannya harus dibiasain pake tangan kta,jgn disimpan dikandang makanannya"

      Hapus
  33. kang ane kan baru ngerawat kukang bayi,yg umurnya baru 1bulan,,,dia agak takut ama orang trus klo dah dikandang dia tuh pasti susah bwt ane bawa keluar kandang bwt di ajak main,,,gmn kang cara ane bwt bisa ngeluarin kukang ane dikandang karna susah bgt ,,,,dan gmn caranya biar dia gampang jinak ma ane???

    BalasHapus
  34. maaf nie numpang nannya klo gigi kukang dicabut pke apa di cabutnya dan apa reaksi si kukang ? THANKS

    BalasHapus
  35. permisi, mau tanya dong..
    Aku baru punya kukang nih, tapi gak ngerti cara ngerawatnya. Trs kalo kukang mandinya berpakali, air panas apa air dingin? Trs biar si kukangnya akrab sama kita caranya gmna yaa??

    BalasHapus
  36. Bener ga ya kukang beracun,dan bahkan bisa mematikan klo gigit ???..apa udh ada kabar korbannya?,.jadi ragu ngajak main pliharaan..,

    BalasHapus
  37. Kukang saya kabur selama 7 hari.Begitu ketemu dia jadi galak,n suka menggigit.Apa dia stress atau bagaimana?Karena kalau dirumah dia bebas alias tdk dikandang dan makanan terjamin.

    BalasHapus
  38. Gan , kalo kukangnya sudah besar ngerawatnya gimana tuh ?
    Jadi ngeri kalo mau megang kukangnya takut ngegigit.
    TOLONG SARANNYA YAH GAN

    BalasHapus
  39. Kukang sy 2 bln lalu melahirkan, kedua induk merawatnya hingga usia 1 bln. Tetapi sang jantan keburu birahi, sehingga si bayi jadi korban pembantaian. Sekarang kukang sy sudah hamil lagi. Yg mau sy tanyakan usia brp bayi bisa di pisah dari induknya? Apa emang sifat kukang jantan emang gitu klu birahi ?

    BalasHapus
  40. gan ane kan baru nemuin kukang tdi mlm tp dya galak bgt cara biar ga galak gmna gan tolong share dong ?
    tru ane jg di gigit sma dya itu bahaya apa ga ?

    BalasHapus
  41. Mas apa kukang jawa itu beracun???

    BalasHapus