Kamis, 20 Oktober 2011

Tips Membeli Kukang

1. Periksalah gigi nya karena banyak penjual menyabut gigi nya agar kukang tersebut tidak mengigit.
akibat gigi kukang di cabut:
    1. kukang tidak bisa makan karena mearasakan sakit pada giginya akan berujung kematian
    2. gusi berdarah atau infeksi yang juga berujung kematian

2. Pahami gerak gerik kukang, pastikan kukang tidak terlihat lemas dan mengeluarkan air liur pada mulutnya, apabila begitu makan kukang tersebut kemungkinan besar mengalami sutau penyakit.

3.  Suruh penjual memberikan makan kepada kukang , apabila kukang tidak makan dan hanya menjilati berarti gigi kukang tersebut sudah dicabut, namu apabila kukang memakan makanan tersebut tanpa bantuan tangan berarti gigi kukang tersebut masih ada.

jadi klo beli, cek dulu giginya, klo misal ga ada gigi, jangan dibeli

dengan tidak membeli kukang yang giginya dpotong, anda sama saja membantu kukang itu hidup nyaman

kenapa? karena lama kelamaan apabila pada ga mau beli gigi yang dcabut, penjual liar pasti mikir buat ga cabut gigi kukang lagi

NB : gw bikin ni tips bukan maksudnya biar org pada beli

semakin kita beli di pedagang liar : semakin banyak diburu, klo cuma buat gaya2an doang ga usah beli kukang
!

20 komentar:

  1. om ad rekom bt beli kukang yang udah di breeder ndak???cos aqpengen punya ne
    kemaren liat di pedagan haewan tp kurang sreg om.cos di kakinya ada benkak ma nanah...oh iya om..kukang tuh klo lum jinak suka gigit ya om?
    makasih jwbannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah klo yang breeder kurang tau soalnya kukang kan hewan dilindungi pasti jarang ada yang berani membreeder selain kebun binatang,
      iya kukang suka gigit kalau belum jinak, makanya tukang hewan yang ga bertanggung jawab pada cabutin gigi kukang..
      rawat kukang susah loh, klo ga serius bisa mati ujung - ujung nya populasi kukang berkurang, mending plihara yg lain aja dlo klo mau coba merawat binatang :D

      Hapus
  2. Setuju...kukang bukan hewan peliharaan seperti anjing atau kucing. Kemarin ini saya baru beli Kukang di daerah cirendeu dengan maksud mau dikasih ke pusat rehab kukang (International Animal Rescue) tapi ternyataaaa mereka udah kewalahan nerima begitu banyak Kukang sampe gak ada tempat lagi buat Kukang yg saya beli *hadoooh*.

    Kalo saya serahin ke Taman Margasatwa Ragunan, ada kemungkinan mereka mau terima nggak sih? Bukannya saya gak mau rawat, so far sih saya rawat dan dia keliatan baik2 aja, tapi pasti dia nggak happy, secara tempat yang saya punya cuma kandang kecil ukuran 80cm x 60cm x 80cm. Kasiannn banget deh :(

    Please help.

    BalasHapus
    Balasan
    1. di ragunan, di dalem schmutzer ada kok kandang kukang dan kukangnya juga.. tapi untuk diterima atau tidaknya coba tanya pihak kebun binatang. wah sebaiknya tidak usah dibeli sama sekali. memang maksudnya baik, agar kukang bisa direhabilitasi dan dilepasliarkan kembali. tapi si penjual satwa ini ga akan peduli. yang dia tau dagangannya laku dan dia pasti bakal ngambil kukang dari alam lagi. kalau begini terus masalahnya bakal muter-muter aja dan ga selesai-selesai..

      Hapus
  3. kurang tau juga si gan mau nerima apa engga di ragunan, soalnya saya pernah keragunan ketempat primata nya, nah disana ada kandang kukang, saya cari dari ujung tanah ke ujung pohon ga liat 1 pun kukang, padahal kan saya mau lihat keadaan kukang gmn kalau sudah berada di ragunan, tapi malah ga ada kukang nya..

    ya untuk sekarang kukang nya dirawat dulu dengan baik, di kasih kasih sayang, nanti usahakan cari kandang yang agak besar dan diakasih ranting - ranting biar di bisa memanjat2.. sekalian cari info apakah ada pusat rehab yang mau mengadopsi kukang anda

    BalasHapus
  4. gan,ada kukang yg di jual ga ?
    ane mau beli gan,buat nemenin kukang ane di rumah...
    kasian sendirian :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  5. kemaren sempet pengen banget beli kukng, bis liat kukang di pasar burung, lagsung jatuh hati pengen belinya. ternyata begitu search d google, kukang itu dilindungi, dan hampir punah.
    ga jadi beli sie, tapi masih kepikiran gimana nasib kukang yang kemaren di pasar hewan itu ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang lucu penampilan nya jd pasti sekali liat langsung jatuh hati, tp kalo saya boleh sarankan jgn dibeli kukang nya, karena dengan membeli kukang kita bakal membuat pedagang kukang makin giat memburu kukang2 buat dijual, kan kasian mereka nanti makin habis di alam nya, dan klo punah kita tidak bisa melihat wajah lucu nya lagi selamanya

      Hapus
  6. Saya nemu kukang dihutan jam 2 malem. Saya kasih pisang doyan banget, pas saya mau bawa pulang, dia malah ngegigit tangan saya sampe berdarah & bengkak

    BalasHapus
  7. ane jga barusan nemu kukang di perumahan dket rumah ane, sama kasusnya di gigit jga. kira" bahaya gak tuh gan?
    lumayan sakit juga ni tangan..

    BalasHapus
  8. Ujung jari digigit kukang sampe tembus..aduuh

    BalasHapus
  9. nice info gan, aku baru nemu kukang di depan rumah (seriusan nemu loh ga beli) . dia jarang banget minum takut dehidrasi. kayanya sih stress pas pertama aku tangkep ga mau makan. tapi pas udah 2 hari dia mulai nurut juga meskipun masih agak2 galak hehe..

    BalasHapus
  10. Apa bnar tu kukan beracun?,ato peneliti cuman nakut2i doang?,biar g da yg ngadopsi kukang lg.maksudx biar bisa lestari kembali dialam liar kali yahh?

    BalasHapus
  11. Mitos kukang gmna ya gan, yg udh pernah mlihara kukang liar smpe berbulan bulan udh ad efeknya belom?
    Kmaren ane nemu kukang d dket tower.
    Mohon info.nya gan?

    BalasHapus
  12. Mohon info tempat yang jual kukang dimana ya

    BalasHapus
  13. Kukang merupakan primata yang menghasilkan bisa yang dipergunakan sebagai pertahanan diri dari serangan predator atau ketika terancam bahaya. Gigitan kukang sebenarnya tidak berbahaya karena bisa tersebut bukan berasal dari gigi taringnya. Bisa pada kukang dihasilkan dari kelenjar yang berada pada siku lengan bagian dalam yang selanjutnya dimasukkan ke mulut dan bercampur dengan air liur sebelum kukang melakukan gigitan.

    Gigitan kukang dapat menyebabkan alergi serius yang gejalanya dapat terlihat seperti kulit merah, gatal, kejang otot, demam, hingga pingsan.

     

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mata kukang ane keluar darah terus dr mata sebelah kiri..
      Klo boleh tau apa ya sebabnya dan bagaimana cara menyembuhkannya...
      Ane punya kukang dua dan biasanya ane bisa ngatasin penykit kukang ane tp yg kali ini ane bingung kukag ane sakit apa dan bagaimana cara mengobatinya..
      Mohon infonya untuk yg berpengalaman/(dr.hewan)

      Hapus
  14. Guys please banget nih kalo bisa jangan pelihara binatang macem kukang, kukang dilindungi undang-undang. Penjara maksimal lima tahun dan denda sebesar Rp 200 juta, kayak yang tercantum dalam UU No 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem. Kasihan kukang yang sebenernya binatang liar tapi malah di kekang di kandang atau di habitat yang bukan alamnya. Kalau kalian akhirnya sadar, bisa banget nih kalian hubungi pihak yayasan IAR Indonesia, mereka bakal bantu kukang yg kalian pelihara buat balik lagi ke habitatnya.... sila kunjungi http://kukangku.org/info_penyerahan

    BalasHapus